-->

Beberapa Resiko dan Tips Mengatasinya dengan Anda Belanja Harbolnas 2017 Menggunakan Kartu Kredit

InfoJualOnline - Kartu kredit memang selalu mampu memberikan kemudahan serta keleluasaan dalam segala bentuk transaksi. Tanpa Anda butuh uang tunai, tinggal gesek saja semua benda yang Anda inginkan bisa dibawa pulang. Termasuk juga ketika Anda belanja online dimana kartu kredit bisa jadi senjata pamungkas dalam bertransaksi segala macam hal. Jika Anda adalah penggemar belanja online, maka pastikan untuk tidak melewatkan Harbolnas 2017 ini karena Anda akan disambut dengan kejutan promo dan diskon super heboh.

Saat Harbolnas, hampir semua situs belanja online kompak untuk memberikan penawaran harga yang menarik beserta bonus kepada semua pecinta belanja online. Tak heran jika banyak sekali konsumen yang selalu lupa diri ketika belanja saat momen akbar ini. Penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran yang utama pun jadi pemicu tambahan menjadikan perilaku kian boros. Berikut ini beberapa resiko penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran utama:

- Hutang yang Anda miliki kian menumpuk, terlebih ketika belanja Anda tidak bisa dibatasi. Penggunaan kartu kredit yang bebas pun menjadikan hasrat belanja dan membeli jadi kian tak terbendung sehingga seolah penggunanya tak ingin berhenti menggunakan kartu kredit sampai akhirnya hutang menumpuk.

- Sudah bukan rahasia jika kartu kredit pun mampu menjadikan perilaku konsumtif pada penggunanya. Memang tidak bisa dipukul rata ke semua pengguna, namun selalu ada resiko ini pada setiap pemilik kartu jika lepas kontrol akan dirinya.

- Jangan lupakan bunga dan biaya lainnya yang juga tidak murah. Kemudahan dan keleluasaan saat bertransaksi menggunakan kartu kredit ternyata harus dibayar mahal dengan adanya bunga tinggi serta biaya bulanan yang tak murah.

Menggunakan kartu kredit sebetulnya tidak ada salahnya karena memang kartu kredit ada dengan tujuan memberikan kemudahan. Sesekali menggunakan saat Harbolnas 2017 pun tidak mengapa asalkan Anda siap konsekuensi harus membayar tagihan nantinya. Untuk menahan hasrat belanja Anda, maka berikut ini beberapa trik yang bisa Anda coba:

- Yang pertama adalah Anda harus bisa berpikir dengan logis. Bedakan dulu antara keuntungan dan keinginan. Kebutuhan adalah suatu hal yang harus dipenuhi, jika tidak maka resikonya akan fatal misalnya makan dan sandang yang wajib dipenuhi. Sedangkan keinginan jika tidak dipenuhi sebetulnya tidak ada efek sama sekali karena keinginan hanya ajang puas diri saja.

- Jika Anda menemukan satu produk tertentu yang dirasa ingin dibeli, berhentilah sejenak. Atur nafas Anda dan tanyakan dalam hati, apakah Anda butuh produk tersebut? dan pertanyaan lainnya. Dengan berhenti sejenak dari hingar-bingar diskon, Anda akan bisa lebih menekan hasrat belanja yang kadang menggebu.

- Biasanya window shopping adalah pemicu dari belanja yang tidak terkontrol karena Anda melihat barang ini dan itu. Anda akan berfikir barang ini harus dibeli mumpung diskon, barang itu wajib dimiliki karena lucu, dan seterusnya. Jadi lebih baik hindari terlalu banyak window shopping dan hanya menuju ke toko yang Anda butuhkan saja.

- Cobalah untuk mengatur keuangan pribadi Anda. Buatlah anggaran untuk masing-masing kebutuhan. Selain itu selalu catat segala pengeluaran Anda setiap harinya sehingga pengeluaran bisa lebih terkontrol dan jelas kemana saja uang Anda lari.

Menggunakan kartu kredit untuk belanja di situs belanja online yang bekerja sama dengan penerbit kartu pun bisa menguntungkan Anda. Tapi ada baiknya Anda tahu benar kapan waktunya Anda harus berhenti belanja saat Harbolnas 2017 jika anggaran belanja Anda sudah habis. Sumber SayangBerbagi, semoga bermanfaat.


Click to comment