-->

Manfaat Renang Ternyata Bisa Lindungi Otak

Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari berolahraga. Apapun olahraganya tubuh Anda akan lebih bugar dan sehat setelah melakukannya. Pada saat berolahraga kita melatih kembali otot-otot tubuh yang kaku dan membuang keringat sehingga tubuh menjadi bugar. Memilih olahraga untuk dilakukan secara rutin hendaknya berdasarkan kesukaan. Jika melakukan olahraga sesuai kesukaan, maka Anda tak akan merasa ada beban saat melakukannya. Mendapatkan tubuh yang bugar pun akan semakin mudah tentunya.
Manfaat Renang

Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Olahraga air yang satu ini memiliki jenis gerakan yang beragam, seperti gaya dada, punggung, kupu-kupu, juga gaya bebas. Tahukah Anda bahwa manfaat renang ternyata bisa lindungi otak?

Menurut penelitian, manfaat renang bisa melindungi otak kita. Lakukan dalam intensitas ringan namun rutin, misalnya saja satu sesi dilakukan selama setengan jam sebanyak lima kali dalam seminggu. Pentingnya olahraga yang dapat melindungi otak berkaitan dengan penyakit penurunan fungsional pada otak atau yang lebih dikenal dengan nama demensia.

Penyakit demensia ini diperkirakan dapat menyerang 135 juta orang di dunia dalam waktu kurang dari 50 tahun. Nah, untuk mencegah penyakit ini sebuah penelitian dilakukan oleh Cardiff university terhadap 2.000 orang selama 35 tahun. Hasilnya menyebutkan bahwa risiko penyakit demensia bisa diturunkan hingga 60% jika orang tersebut melakukan lima faktor gaya hidup sehat.

Kelima faktor tersebut adalah olahraga teratur, diet makanan sehat, berat badan normal, tidak mengonsumsi alkohol, serta tidak merokok. Ya, olahraga sangat bermanfaat bagi mereka yang sudah mulai mengalami demensia. Namun melakukan olahraga yang tepat untuk menurunkan demensia juga harus disesuaikan dengan usia dan kemampuan seseorang. Meski ringan, melakukan aktifitas ringan secara rutin sangatlah disarankan.

Ketika melakukan olahraga, Anda tentu memerlukan perlengkapan olahraga yang sesuai. Apapun olahraga kegemaran Anda, temukan peralatan yang tepat di Bukalapak.com. Di sini ada banyak toko olahraga online yang menyediakan kebutuhan Anda. Tunggu apa lagi, ayo belanja di Bukalapak!

Click to comment