-->

Tiga Cara Bertransaksi Online

http://infojualonline.blogspot.com/2014/12/tiga-cara-bertransaksi-online.html
Berbelanja melalui situs-situs belanja populer memang sangat praktis. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk belanja daring (online) jauh lebih singkat ketimbang belanja secara konvensional. Jika belanja konvensional membutuhkan waktu setidaknya satu jam ditambah waktu perjalanan yang tak menentu, khususnya di kota metropolis, belanja online hanya butuh waktu yang sangat singkat, semenit, dua menit, dan barang ada di dalam keranjang belanja maya Anda.

Meski begitu, tidak semua situs belanja aman. Beberapa situs belanja populer, seperti forum jual beli milik Kaskus, masih belum bebas dari penipuan online. Hal itu disebabkan belum adanya mekanisme pembayaran wajib yang diterapkan oleh pihak Kaskus. Kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli, diperkenankan untuk bertransaksi langsung, COD, maupun menggunakan rekber.

Bertransaksi langsung relatif lebih singkat, namun aspek kejujuran dari kedua belah pihak mesti jadi poin utama karena kedua pihak tidak saling mengetahui. Cara ini juga relatif rentan terhadap upaya penipuan. Kemudian ada cara transaksi dengan bertemu di tempat yang disepakati, atau sering disebut COD (cash on delivery), cara ini sangat efektif untuk menghindari penipuan. Sayangnya, jarak geografis antara penjual dan pembeli sering menjadi kendala.

Cara terakhir adalah dengan menggunakan pihak ketiga, atau sistem transaksi rekening bersama. Cara ini aman untuk kedua pihak. Namun, beberapa penjual atau bahkan pembeli enggan menggunakan cara ini karena faktor efektivitas transaksi. Selain itu, sistem rekening bersama di Kaskus masih dikelola oleh pihak ketiga dan mengenakan biaya yang menyesuaikan nominal transaksi.

Click to comment