-->

Akhirnya Kuba Punya WiFi Gratis

Di jaman yang serba teknologi, keberadaan WiFi pasti sangat diperhitungkan. Dengan WiFi kita dapat mengakses internet dimana pun di tempat umum melalui laptop, netbook, tablet, atau smartphone yang kita miliki. Kita yang tinggal di Indonesia harusnya bisa lebih bersyukur karena di beberapa tempat umum sudah disediakan WiFi gratis, meski mungkin kecepatannya masih di bawah negara-negara maju di barat sana.
Wifi Gratis
Kuba, yang merupakan salah satu negara yang berada di Amerika Utara ternyata baru pertengahan Maret ini memiliki WiFi gratis untuk dipakai masyarakatnya. Menurut berita yang dilansir Time, WiFi tersebut ditempatkan di pusat budaya yang dijalankan oleh seorang seniman lokal terkenal di sebelah barat Kota Havana yang bernama Kcho.

Kcho akan membayar sekitar US$ 900 atau sekitar Rp 11,7 juta tiap bulan agar jaringan internet tersebut bisa berjalan. Seniman tersebut selama ini dikenal memiliki hubungan dekat dengan pemimpin Kuba, termasuk Fidel Castro yang merupakan mantan presiden negara tersebut. Kcho menyediakan WiFi gratis tersebut supaya penyebaran penggunaan internet di Kuba bisa merata. Sekadar informasi, di Kuba hanya sekitar 5-25% penduduk yang memiliki akses internet.

Infrastruktur telekomunikasi di Kuba tergolong masih minim. Karena itulah Kcho memiliki kendala aksesbilitas dan keterjangkauan untuk memperkenalkan akses internet pada masyarakat. Adanya ketimpangan informasi juga masih menjadi kendala di negara ini.

Kabar baiknya, pemerintah Kuba mau melakukan perubahan pada sektor telekomunikasi ini. hal ini dibuktikan ketika perusahaan negara Etecsa mengumumkan layanan telepon langsung antara Amerika Serikat dan Kuba. Di tahun 2013 lalu Kuba dan Venezuela juga meningkatkan konektivitas internet melalui kabel bawah laut.

Semoga WiFi gratis ini bisa membawa Kuba menjadi lebih melek internet, ya.

Click to comment