-->

Mengenal Water Heater

Untuk sebagian masyarakat mungkin tidak mengenal Apa itu water heater ? masyarakat lebih mengenalnya sebagai alat yang digunakan untuk memanaskan air, atau biasa menyebutnya sebagai pemanas air. Water heater merupakan barang electronik kategori home appliance (peralatan rumah tangga). Prinsip kerja alat ini menggunakan konsep thermodynamic, memproses air dingin menjadi air panas sesuai temperature yang telah diset dengan menggunakan bantuan sumber energy, baik berupa energy / tenaga surya (matahari), tenaga elektrik (listrik), tenaga gas.

Pada tahun 1868, seorang pelukis asal London Inggris Benjamin Waddy Maughan, menemukan water heater domestik instan pertama (Geyser) yang tidak menggunakan bahan bakar. Proses dilakukan secara manual maksudnya air dingin ditempatkan di bagian atas wadah berupa tabung yang terdiri jaringan kawat – kawat tipis sebagai pengantar panas, yang bagian bawahnya diletakan sebuah alat pemanas berbahan bakar gas. Air hasil pemanasan kemudia langung mengalir ke bak mandi tanpa ada perantara.

Edwin Ruud
Penemuan Maughan, menginspirasi seorang teknis imigran asal Norwegia Edwin Ruud. Saat itu ia memutuskan untuk berimigrasi ke Amerika, tepatnya ke ke Pittsburgh, Pennsylvania. Di kota itu ia menemukan blue print atau cetak biru water heater instans pertama buatan Maughan. Lalu Rudd mengembangkan penemuan ini menjadi mesin water heater otomatis. Akhirnya ia berhasil membuat sebuah water heater otomatis pertama di sekitar tahun 1889. Mesin ini berupa wadah berbentuk tengki penyimpanan air yang suhu airnya bisa diatur secara mekanis dan didistribusikan melalui pipa penyaluran air.

Semakin majunya teknologi, semakin banyak penemuan alat pemanas air modern yang lebih canggih daripada yang dulu. Sumber energi  yang barupun ditemukan. Beberapa sumber energi baru yang digunakan adalah energi listrik, energi  panas sinar matahari dan energi gas. Tidak tertutup kemungkinan pemanas air ini akan semankin canggih nantinya.

Click to comment